Wah tak terasa akhir perkuliahan dari kelas Creativity and Innovation sudah tiba. hiks, hiks sedih juga rasanya. Anyway, saya akan bercerita sedikit tentang mata kuliah ini. Pada awalnya, saat memilih-milih mata kuliah pilihan rasanya kelas ini akan sangat menarik bila diikuti.

Dari deskripsi matakuliah disebutkan:

Mata kuliah ini memberi pengetahuan berupa kemampuan manajerial, metode-metode dan strategi untuk mencapai nilai kompetitif dalam suatu perusahaan dengan produk baru. Dalam perkuliahan ini akan dibahas mengenai core teknologi suatu perusahaan, mengintegrasikan teknologi dengan strategi bisnis, menilai kapabilitas inovasi perusahaan, siklus hidup teknologi, peramalan teknologi, komersialisasi teknologi, roadmap teknologi, kepemilikan intelektual, dan strategi implementasi teknologi sebagai strategi keberhasilan perkembangan produk.

dan tujuan dari mata kuliah ini adalah;

1. Memahami konsep dasar manajemen teknologi 
2. Mengetahui strategi perkembangan dan eksploitasi kompetensi inti dari suatu perusahaan, dan kapasitasnya untuk inovasi teknologi. 
3. Mampu mengintegrasikan manajemen teknologi dan inovasi dengan strategi bisnis. 
4. Mampu menggunakan pendekatan manajemen teknologi dalam menganalisis bisnis, menghubungkan teknologi dengan tujuan bisnis. 

Kuliah yang dibawakan oleh Pak Apiq dan tutor kak Bayu ini ternyata oke punya dalam praktiknya. Pokoke capital A.W.E.S.O.M.E. hehehehe Setiap kali pertemuan Pak Apiq selalu memberikan teka-teki untuk mengasah kreatifitas kita. Alhasil kelas jadi gak ngebosenin.

Di dalam kelas ini diajarkan bagaimana sebuah inovasi yang ditopang dengan kreatifitas diperlukan dalam sebuah industri teknologi. kita diajarkan bagaimana membuat bisnis model, analisis SCAMPER, dan berkreasi untuk menciptakan sebuah trobosan baru teknologi. Oh iya, pemberian tugas dari kelas ini pun tergolong unik. Tidak ada hitung-hitungan sama sekali, tidak mengumpulkan tugas dalam bentuk selembar kertas tapi kita harus menulis blog.. Topik mingguannya pun menarik, dari arti nama, senjata, perbedaan arti kreatifitas dan innovasi, dll. Untuk tugasnya pun tidak ada kata salah atau benar, walupun diberkan topik khusus, kita boleh meninteprestasikan ke dalam tulisan berdasarkan kreatifitas kita sendiri. Selain mengembangkan performa individu, kelas ini juga memiliki format discussion group. Jadi bagaimana kita bisa bekerja bersama dengan orang lain dan menyatukan pendapat yang berbeda-beda menjadi satu kesatuan yang bulat.

Tidak hanya dibawakan oleh pak Apiq dan Kak Bayu. Kelas ini juga menghadirkan dosen tamu yang sangat inspiratif. Kak Adi Panuntun dan Pak Budi Rahardjo. Wah, mereka berdua adalah sosok yang kreatif. kak Adi Panuntun adalah sutrada dari film Cin(t)a serta CEO dari rumah produksi Sembilan Matahari. Sedangkan Pak Budi Rahardjo adalah seorang yang bergerak dibidang internet security. Pokoknya gak nyesel banget untuk yang nanti-nanti bingung memilih mata kuliah pilihan, kelas ini sangat menarik. Beda dari kuliah-kuliah lainnya dan bisa menjadi sarana untuk melepaskan penat hehehehehe.

Cheers,

Evelina Larisa N.D.


Advertisements