Halo semuanya ketemu lagi di post saya. Kali ini saya akan membahas tentang business model. Arti dari business model itu bagaimana sebuah bisnis itu akan dijalankan, value dari bisnis itu akan diberikan, serta bagaimana organisasi bisnis tersebut dapat berjalan secara berkesinambungan. Untuk lebih jelas saya akan menjelaskannya dengan contoh binis healthy dishes.


Step pertama dalam membuat bisnis model adalah menentukan value yang akan diberikan dari bisnis tersebut. Value tersebut haruslah unik dan berbeda dari bisnis-bisnis yang sudah ada sehingga tingkat kompetisi disitu rendah dan bisa menguasi market. Value proporsition dari bisnis healthy food restaurant adalah menyediakan masakan-masakan yang sehat berbahan dasar produk-produk organik yang tanpa pengawet dan tanpa pestisida. Serta, pengunjung bisa mengatur asupan kalori yang mereka butuhkan sehingga seseorang yang menjalani diet tidak perlu khawatir tentang asupan kalori yang berlebih sehingga bisa menambah berat badan.

Selanjutnya bagaimana produk kita bisa sampai ke konsumen yaitu melalui distribution channel, Channel pertama dalam bisnis healthy food ini adalah dengan menbuka restoran di tempat yang strategis. Juga, menyediakan delivery service untuk konsumen-konsumen yang tidak bisa menjangkau restoran. Dan yang ketiga adalah melalui catering baik dalam skala besar atau skala kecil.

Dalam melakukan bisnis kita harus menentukan siapakah target market kita agar fungsi produk tersebut tepat sasaran. Target yang cocok dalam hal ini adalah keluarga khususnya ibu rumah tangga dalam memilih menu makanan yang sehat untuk keluarganya serta orang-orang yang menjalankan pola hidup sehat.

Sangat penting membina hubungan antara konsumen dalam bisnis. Perlakukanlah konsumen layaknya raja. Dalam membina hubungan tersebut bisa dengan memberikan diskon dalam program membership serta memberikan konsultasi gizi dalam mengatur pola makanan sehat.

Di dunia ini kita tidak hidup sendiri, sama halnya dalam melakukan bisnis kita juga memerlukan partner serta relasi agar bisnis kita bisa berjalan. Dalam hal ini supplier untuk bahan-bahan makanan yang organic serta pakar gizi bisa dijadikan relasi dalam menjalankan bisnis healthy dishes.

Core Capability yang harus dimiliki dari bisnis ini adalah fresh dan tentunya masakan yang sehat, pelayanan yang baik dan cepat, serta brand management yang bagus, hal ini ditunjang oleh Activity Capability yang terdiri marketing management, supply chain management, koki yang baik, dan pelayan yang ramah dan bekerja dengan sangat baik.

Biaya-biaya dalam melakukan bisnis ini dating dari penggajian para pekerja, maintenance, biaya marketing, infrastructure management, bahan-bahan makanan. Lalu, sumber pemasukan dating dari penjualan makanan, iuran para membership, biaya dalam jasa delivery, serta biaya konsultasi gizi. Agar terciptanya profit maka cost structure haruslah lebih kecil dari revenue model.

 

Advertisements